Tentang Al Iman

A Few Words

About Our School

Pondok pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam indigenous Indonesia, selama berabad-abad telah memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan dakwah dan pendidikan Islam di Indonesia. Sebagai wadah pembentukan generasi muslim yang tangguh, pondok pesantren berdiri kokoh membentengi aqidah umat, menanamkan akhlaq karimah, membangun karakter dan menjadi media transformasi nilai-nilai luhur serta ilmu pengetahuan.

PPI Al Iman Muntilan merupakan salah satu pondok pesantren yang turut mewarnai dunia pendidikan di Kabupaten Magelang khususnya dan Indonesia umumnya. Seluruh potensi dan kemampuan dicurahkan untuk merealisasikan misi tersebut. PPI Al Iman Muntilan “berdiri di atas dan untuk semua golongan”. Hal ini semakin dipertegas dengan tidak terlibatnya PPI Al Iman Muntilan dalam politik praktis, serta tidak berafiliasi kepada organisasi kemasyarakatan apapun, sehingga dapat secara independen menentukan langkah dan memiliki ruang gerak yang lebih luas dalam bidang pendidikan dan pengajaran.

Sebagai pondok alumni Darussalam Gontor, PPI Al Iman Muntilan menerapkan sistem pendidikan terpadu antara Kurikulum Pondok Modern/KMI Gontor dan Kurikulum Kementrian Agama Republik Indonesia.

Dengan sistem pendidikan berasrama (boarding school) yang terpadu selama 24 jam, proses pembelajaran, disiplin dan prestasi santri dapat dilaksanakan secara maksimal. Pesantren tidak hanya menanamkan aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik. Pesantren tidak hanya mengasah kecerdasan otak dan ketrampilan tangan, tetapi juga kekuatan mental dan kecerdasan spiritual. Dari landasan ini, PPI Al Iman Muntilan berusaha keras untuk konsisten menerapkan disiplin berasrama bagi para penghuninya yaitu asrama yang penuh dengan program pendidikan, bukan sekadar sebagai tempat tidur para santri.

Dengan sistem asrama, para santri bisa berinteraksi dengan para guru secara lebih efektif dan produktif. Selain itu, santri dapat sepenuhnya terwarnai oleh program-program pendidikan pesantren sehingga diharapakan bisa terjaga dari pengaruh kultur yang kurang baik dan bahkan tidak mengandung nilai-nilai pendidikan. Sistem asrama juga mendidik santri dalam hal kemandirian, kepemimpinan, persaudaraan, dan kemampuan bersosialisasi dengan teman-temannya yang memiliki latar belakang budaya dan suku yang beraneka ragam.

Dalam usianya yang memasuki 36 tahun, PPI Al Iman Muntilan semakin memantapkan eksistensi dan peranannya dalam memajukan pendidikan di kawasan Kabupaten Magelang dan sekitarnya pada khususnya dan Provinsi Jawa Tengah pada umumnya, di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Islam Al Iman.

We Are Always

Glad to Help

PPI Al Iman Muntilan berdiri di atas dan untuk semua golongan. Sebagai milik ummat,PPI Al Iman berjuang untuk kejayaan Islam, mengabdi untuk agama, nusa dan bangsa.

Kyai Dr. Muhammad Zuhaery, MA

Individual Approach

Prinsip

Kerja Keras

Bekerja dengan sungguh-sungguh, sekuat daya dan tenaga, penuh semangat, pantang menyerah, untuk mencapai hasil terbaik, terlalu fokus pada pekerjaan, hingga tak punya waktu dan energi lagi untuk melakukan kegiatan yang lain.

Kerja Cerdas

kerja yang tidak hanya mengandalkan otot, namun juga menggunakan otak, bisa berpikir kreatif dan inovatif, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan waktu yang efektif, sehingga masih memiliki waktu dan energi untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan yang lainnya.

Ikhlas

Bekerja dengan hati, dengan niat yang tulus semata-mata untuk ibadah dan mencari keridhaan Sang Pencipta, sehingga jika akhirnya berhasil maka kita akan lebih bersyukur dan jika tidak berhasil, maka kita tidak akan kecewa, karena semuanya sudah diatur oleh yang Kuasa, kita tinggal berusaha dan berdo’a.

Scroll to Top