Hafal Al Qur’an Tanpa Menghafal ? Insya Allah bisa

Hafal Al Qur’an Tanpa Menghafal ? Insya Allah bisa

HAFAL AL QUR’AN 30 JUZ ? Siapa yang tidak mau menjadi penghafal Al Qur’an ? Pasti setiap muslim yang beriman dan taat menginginkan dan bercita-cita menjadi Hafizh Al Qur’an.
Rasulullah bersabda:
“Penghafal Al Qur’an akan datang pada hari kiamat, kemudian Al Qur’an akan berkata: Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia, kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan), Al Qur’an kembali meminta: Wahai Tuhanku tambahkanlah, maka orang itu diapakaikan jubah karamah. Kemudian Al Qur’an memohon lagi: Wahai Tuhanku ridhailah dia, maka Allah meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu: bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga), dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan” (HR Tirmizi)

Dari ‘Ali bin Abi Thalib bahwaBanyak metode dalam menghapal Alquran untuk menjadikan keluarga dengan generasi yang qurani. Dari Utsman bin Affan , Rasulullah bersabda, “Yang terbaik di antara kamu adalah yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya”. Pernyataan ini menjadi salah satu langkah semangat bagi generasi dan orang tua untuk tetap semangat dalam menghapal dan mengamalkan Al Quran.

Pondok Pesantren Islam Al Iman Muntilan bekerja sama dengan Syaamil Quran mengadakan pelatihan menghafal Alquran metode tikrar, Ahad (12/03) di Masjid Ki Ageng Wiroreno. Pelatihan yang bertajuk “Hafal Quran Tanpa Menghafal” ini dibawakan oleh Ustadz M Ulin Nuha, M.S.I
Acara ini diselenggarakan dalam rangka menyambut milad ke 75 Al Iman/30 tahun Pondok Pesantren Islam Al Iman. Pelatihan itu dimaksudkan untuk membantu umat Islam yang kesulitan dalam menentukan metode menghafal Al-Quran, khususnya bagi mereka yang baru memulai untuk menghafal Al-Quran. Diikuti oleh sekitar 150 muslimin & muslimat dari berbagai daerah di Kabupaten Magelang
Metode tikrar ini diklaim dapat membuat orang bisa menghafal Alquran tanpa perlu menghafalnya. Metode tikrar ini mengedepankan pentingnya pengulangan. Para pembaca Alquran diharuskan untuk mengulang terus bacaan Al Qur’an-nya sampai minimal 40 kali sampai ia hafal betul di luar kepala.