“Nilai seseorang sesuai dengan kadar tekadnya, ketulusannya sesuai dengan kadar kemanusiaannya, keberaniannya sesuai dengan kadar penolakannya terhadap perbuatan jahat dan kesucian hati nuraninya sesuai dengan kadar kepekaannya terhadap kehormatan dirinya”

— Sayidina Ali bin Abi Thalib —

Salah satu wadah pembinaan siswa di Pondok Pesantren Islam Al Iman Muntilan adalah kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam program ekstrakurikuler didasari atas tujuan dari pada kurikulum pondok. Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang beragam santri dapat mengembangkan bakat, minat dan kemampuannya. Kegiatan-kegiatan siswa di pondok khususnya kegiatan ko/ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang terkoordinasi terarah dan terpadu dengan kegiatan lain di sekolah, guna menunjang pencapaian tujuan kurikulum pondok.

MUHADHOROH
Latihan Pidato 4 Bahasa: Indonesia, Jawa, Arab & Inggris. yang wajib diikuti oleh seluruh santri putra dan putri. dilaksanakan setiap Senin dan Kamis malam hari selepas sholat Isya'
Selengkapnya
KEPRAMUKAAN
Pramuka dipandang sebagai salah satu media pendidikan yang mampu menumbuh kembangkan kedisiplinan, kreasi dan kemandirian santri. Berangkat dari sinilah mental santri ditempa untuk menghadapi suasana dan kondisi alam yang bermacam-macam. Dilatih konsentrasi, fokus, dan akurat pada perintah yang diberikan oleh pimpinan kita. didorong untuk selalu berinovasi dan berinspirasi. Diajari untuk tidak malu kepada orang lain, diasah jiwa kepemimpinannya dan kesosialannya.
Selengkapnya
TILAWAH AL-QUR'AN
Tilawah Al-qur'an menjadi kegiatan ekstrakurikuler khas Pesantren. Selain untuk mengajari santri membaca dengan benar juga untuk memperindah bacaan Al-Qur'an.
Selengkapnya
PENCAK SILAT
Pencak Silat sebagai olahraga bela diri asli Indonesia diajarkan kepada santri sebagai bekal untuk melatih kekuatan fisik dan mental, sebelum berkiprah di masyarakat.
Selengkapnya
HADROH
Hadroh menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler untuk mengasah minat dan bakat santri dalam bidang musik, khususnya musik-musik religi.
Selengkapnya